Cara Efektif Mencegah Penularan Covid-19

 

Tidak dimungkiri jika hingga saat ini persebaran Covid-19 di dunia belum bisa diatasi dengan sempurna. Di berbagai belahan dunia, masih banyak kasus baru yang terjadi, termasuk kematian yang seolah tanpa henti. Oleh karenanya, upaya mencegah penularan Covid-19 menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh masing-masing individu.

Dengan upaya pencegahan yang lebih maksimal, risiko penularan virus ini tentu saja bisa diminimalkan. Tidak hanya itu, apabila pencegahan dilakukan secara masif dan besar-besaran, bisa jadi Covid-19 secara perlahan akan musnah dari muka bumi karena tidak mendapatkan inang baru untuk berkembang.

Beragam Upaya Efektif Untuk Mencegah Penularan Covid-19

Covid-19 diperkirakan berasal dari hewan, yaitu kelelawar, sebagaimana yang diwartakan saat gejala virus ini muncul pertama kali di Wuhan dan kemudian berpindah ke manusia. Penularan virus ini kemudian terjadi tidak hanya dari hewan ke manusia, melainkan antar manusia hingga saat ini.

Cara Efektif Mencegah Penularan Covid 19

Banyak para pakar meneliti bagaimana virus ini bisa menyebar antar manusia. Beberapa pendapat yang diyakini kebenarannya menyatakan jika virus Covid-19 ini menyebar melalui percikan dahak saat bersin ataupun batuk. Selain itu, pada penelitian yang lebih lanjut, disebutkan bahwa virus ini bisa menyebar secara airborne atau melalui media udara.

Saat seseorang terkena infeksi Covid-19, maka ia akan mengalami gejala yang cukup mirip dengan flu. Beberapa gejala mendasar yang seringkali muncul diantaranya adalah deman, pilek, batuk, dan lainnya. Beberapa hari kemudian, ketika virus menyebar dalam tubuh, penderita Covid-19 akan mengalami sesak napas serta infeksi pada paru yang bisa berujung pada kematian.

Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang secara pasti bisa menyembuhkan paparan Covid-19. Juga, proses vaksinasi pun masih terus berjalan dan jalan vaksinasi masih cukup panjang.

Oleh karenanya, sebagai badan otoritas tertinggi terkait kesehatan, WHO memberikan anjuran pada masyarakat agar tidak menganggap remeh Covid-19. Tidak hanya itu, WHO pun memberikan anjuran terkait upaya pencegahan penularan yang efektif dilakukan.

Adapun upaya efektif yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1)    Mencuci tangan dengan benar

Salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 yang secara efektif bisa dilakukan adalah mencuci tangan dengan benar. Langkah ini memang cukup sederhana, namun secara efektif mampu menurunkan penularan.

Terkait mencuci tangan, hendaknya masyarakat menggunakan sabun cuci tangan dan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Selain itu, pastikan jika seluruh bagian tangan tercuci dengan maksimal hingga bersih, seperti punggung tangan, sela-sela jari, kuku serta pergelangan tangan. Juga, jangan lupa mengeringkan tangan dengan tisu atau lap yang bersih.

Untuk seseorang yang bekerja di transportasi umum ataupun tempat lain yang susah mendapatkan air serta sabun, maka ia bisa menggunakan hand sanitizer. Produk ini bisa digunakan untuk menggantikan air dan sabun untuk membunuh kuman yang menempel di permukaan tangan.

2)    Menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah

Menggunakan masker juga menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 secara efektif. Hal ini dikarenakan Covid-19 menyebar melalui percikan air saat bersin atau batuk dan juga menular melalui udara.

Dengan menggunakan masker, maka seseorang bisa melindungi dirinya dari paparan Covid-19 yang ada. Selain itu, pada penderita Covid-19, ia juga bisa menghalangi persebaran virus yang ia derita dengan menggunakan masker.

Hanya saja, penggunaan masker memang perlu diperhatikan, terutama seiring banyaknya jenis masker yang tersedia. Dalam hal ini, masker N95 memiliki efektivitas yang cenderung tinggi untuk pencegahan, namun jenis masker ini memiliki harga yang lebih mahal.

Selain itu, ada jenis masker surgical yang jauh lebih ekonomis. Jenis masker ini secara umum digunakan oleh masyarakat. Namun, masker ini memiliki keterbatasan karena hanya sekali pakai.

Berkaitan dengan penggunaan masker, para ahli kesehatan terbaru memberikan saran untuk menggunakan masker double, yaitu masker medis dan masker kain. Hal ini dianggap lebih efektif untuk mencegah penularan Covid-19 varian Delta.

3)    Menjaga daya tahan tubuh

Seiring belum tersedianya obat yang secara ampuh bisa digunakan untuk menyembuhkan Covid-19, maka upaya menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang penting. Hal ini cukup beralasan karena dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka seseorang akan cenderung lebih aman dari paparan Covid-19. Juga, saat ia terpapar, ia akan cenderung lebih mudah sembuh.

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik. Salah satu cara yang paling optimal adalah dengan menjaga pola makan dan mengonsumsi aneka makanan yang sehat, seperti sayuran, aneka buah, makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan dan telur, ataupun daging tanpa lemak.

Selain itu, olahraga yang teratur juga diperlukan. Dengan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan cenderung lebih stabil dan tubuh nantinya juga akan lebih sehat. Jika diperlukan, upaya menjaga daya tahan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen tertentu, terlebih vitamin C dan D3.

4)    Menjaga jarak aman dengan orang lain

Upaya lain yang efektif untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menjaga jarak aman dari orang lain. Pembatasan fisik atau social distancing secara umum bisa diandalkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 karena virus nantinya kehilangan inang untuk tetap hidup dan akhirnya mati.

Pembatasan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjauhi kerumunan terutama ketika sedang ada aktivitas baik di dalam ataupun di luar ruangan. Selain itu, masyarakat juga bisa menahan diri untuk berada di dalam rumah dan membatasi aktivitas agar tidak terjangkit.

Jika seseorang harus bepergian, terutama dalam jarak jauh, maka setelahnya ia perlu melakukan isolasi mandiri. Isolasi tersebut adalah upaya untuk memastikan kondisi tubuh yang sehat dan tidak terpapar Covid-19. Ataupun, jika terpapar Covid-19, maka ia tidak menularkan virus ke orang lain.

Beberapa poin di atas adalah upaya pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan. Tentu, peran aktif masyarakat dalam upaya pencegahan mutlak diperlukan agar penyebaran Covid-19 segera bisa diantisipasi.

Drew Care Air Purifier Sebagai Penunjang Pencegahan Covid-19

Selain beberapa langkah pencegahan pada penularan Covid-19 yang dilakukan di atas, salah satu upaya pencegahan yang juga bisa diterapkan adalah menggunakan Drew Care air purifier. Seperti namanya, alat ini bisa digunakan untuk memurnikan udara yang ada di dalam ruangan dari kandungan bakteri dan virus berbahaya, termasuk kemungkinan adanya Covid-19.

Apa yang menarik dari produk drew care adalah adanya HEPA filter dan carbon filter. Kedua jenis filter ini secara efektif akan menyaring beragam masalah pada udara untuk menghasilkan udara yang jauh lebih bersih dan lebih sehat.

Selain itu, ukuran Drew Care air purifier yang tidak terlalu besar membuatnya mudah ditempatkan di mana saja. Oleh karenanya, upaya mencegah penularan Covid-19 di dalam rumah pun bisa dilakukan dengan lebih optimal. Terlebih, ada fitur timer untuk menggunakan alat ini sesuai dengan kebutuhan demi menghemat daya.

 

 

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...