Fakta Menarik Rumah Adat Bali

Indonesia memiliki banyak sekali ragam adat dan budaya yang tentu saja hal ini menjadikan Indonesia kaya akan keragaman. Bahkan banyak tempat tempat yang sangat eksotik sekali yang ada di Indonesia. Misal alah satunya pulau Bali yang kaya akan keragaman dan keindahan alam yang sangat luar biasa. Bangunan bangunan di bali juga memiliki tampilan yang sangat eksotik sekali. Salah satunya rumah adat bali yang menjadi ciri khas pulau dewata.

Sebagai salah satu ciri khas masyarakat Bali tentu rumah adat tersebut banyak digunakan seluruh masyarakat Bali. Misalnya saja salah satu yang terkenal bangunan di Bali sebagai ciri khas rumah adat yaitu Gapura Candi Bentar. Ciri khas dan model rumah adat di pulau Dewata ini memiliki beberapa bagian yang sangat unik sekali. Ada beberapa fakta menarik seputar rumah adat masyarakat Bali yang perlu Anda ketahui!

Material Bangunan Yang Digunakan Menentukan Strata Sosial

Salah satu fakta menarik dari rumah Bali ini adalah material bangunan yang digunakan tentu tidak sama rata. Mengapa demikian? Hal ini karena penggunaan material di sesuaikan dengan tingkatan social atau strata dari masing masing golongan masyarakat Bali. Untuk golongan masyarakat biasa pada umumnya menggunakan material bahan banganan dari tanah liat dan bangsawan menggunakan tumpukan bata. Sedangkan untuk bagian atap digunakan ijuk, alang-alang atau genting tanah sesuai dengan finansial.

Rumah Adat Bali Kental Dengan Budaya Hindu

Fakta menarik selanjutnya adalah rumah adat bali sangat kental dengan budaya Hindu. Mulai dari tata letak ruang dan ukiran yang digunakan tentu saja identic dengan semua budaya Hindu. Pembangunan rumah berdasarkan pada 7 Filosofi, yaitu:

  • Tri Hita Karana
  • Tri Mandala
  • Sanga Mandala
  • Tri Angga
  • Tri Loka
  • Asta Kosala Kosali
  • Arga Sagara

Tembok Memiliki Unsur Spiritual

Desain dan sekorasi rumah Bali memiliki fungsi tembok yang berbeda dan ini lebih kea rah spiritual. Masyarakat Bali percaya bahwa tembok tinggi bisa menangkal roh jahat dan ilmu hitam yang bisa membahayakan penghuninya. Supaya terlihat lebih elegan dan modern maka kini tembok bali dikombinasikan dengan lampu hiasan atau pernak pernik lainnya yang menghiasi.

Pura Kecil Bagian Dari Arsitektur Rumah Adat Bali

Gaya arsitektur rumah adat bali yang selanjutnya memiliki ciri khas pura kecil untuk bagian arsitektur rumah Bali. Patung kecil dan pura kecil sangat identic dan melekat pada rumah bali yang menjadi tampilan sangat elegan. Selain ciri khas yang mempertahankan adat, tentu saja hal ini menjadi tampilan yang lebih elegan dari perpaduan keduanya.

Harmonisasi Dengan Alam Bagian Dari Rumah Adat Bali

Karakter dan watak dasar dari arsitektur rumah bali mempertahankan harmonisasi dengan alam. Dalam hal ini digunakan funirut dan memanfaatkan beberapa material yang berkaitan dengan alam. Misalnya ukiran kayu, batu alam ataupun kombinasi dengan bambu. Nah, penggunakan kombinasi material tersebut yang menjadi salah satu ciri khas menyatu dengan alam dan hal masih dipertahankan dalam konsep rumah bali.

 

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...