Resep dari tepung ketan

Resep dari tepung ketan

Kita sering makan jajanan pasar, tapi tahukan Anda bahwa jajanan yang biasa kita beli itu terbuat dari tepung ketan? Jadi jika hari ini anda membutuhkan resep jajanan pasar dari tepung ketang, berikut ini telah kami berikan pada Anda beberapa daftar jajanan pasar yang menggunakan bahan tepung ketan.
Jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan

1. Klepon
Klepon adalah salah satu janan pasar atau kue tradisional dengan bentuknya bulat dengan taburan kelapa parut. Ketika jajan ini digigit, saus gula merah akan meleleh di lidah anda dengan rasa manis yang khas. Klepon merupakan salah satu jajanan khas dari Jawa Tengah. Kue yang terbuat dari tepung ketan ini terasa kenyal sekaligus lembut dalam satu gigitan.
Klepon biasanya dibuat dengan berbagai warna, tapi versi pada umumnya diberi warna hijau dari sari daun suji atau pandan. Bahan untuk membuat klepon pun sederhana, yakni tepung ketan putih, pewarna alami, air hangat atau air kapur sirih atau bisa juga menggunakan santan, dan garam secukupnya. Semua bahan-bahannya dicampur sampai adonan bisa dibentuk dan diberi isian.

2. Onde Onde
Selain klpeon ada makanan atau jajanan pasar khas Indonesia lainnya yang menggunakan tepung ketan, yaitu Onde-onde. Kue pasar ini berasal dari Mojokerto, kue tradsional dengan bentuk bulat dengan taburan wijen ini terinspirasi dari kudapan khas Tionghoa, yakni matuan atau jian deui.
Jika di Tionghoa Anda mengisinya dengan pasta kacang merah atau kacang hitam, orang Indonesia membuat isian pasta kacang hijau yang manis. Sampai sekarang, onde-onde masih sering temukan di jajanan pasar atau jajan kue tradisional.

3. Bolu Ketan Hitam
Kemudian ketiga ada resep makanan dari tepung ketan, yaitu jajanan pasar tak hanya identik dengan kue-kue basah yaitu bolu ketan hitam. Bolu ini biasa dijajakan dalam bentuk per slice siap makan, dengan rasa yang lembut dan manis, terutama jika dibuat dengan kukusan.
Untuk membuatnya bahan yang diperlukan adalah tepung ketan hitam yang ditambahkan taburan keju parut agar rasanya semakin mantap. Makanan atau jajanan tradisional ini biasanya akan ada ketika acara keluarga, arisan, atau sekedar pendamping teh hangat di sore hari.

4. Awug Awug
Setelah bolu ketan hitam, ada juga jajanan pasar atau kue khas Sunda ini pada dasarnya dibuat dengan tepung ketan yang membuat makanan ini memiliki sensasi pulen. Awug awug adalah makanan yang berasal dari Cibeunying, Jawa Barat hampir 40 tahun yang lalu. Awung-awuh memiliki rasa legit dan gurih membuat kue yang dibungkus daun pisang ini bikin nagih.

5. Gemblong
Terakhir Anda masakan dengan nama gemblong, yang merupakan jajanan pasar atau kue tradional khas Indonesia. Gemblong memiliki rasa yang manis dengan tekstur kenyal ketika digigit. Kulit kue ini dilapisi cairan gula yang membuat rasanya makin legit. Ada dua jenis gemblong, yaitu gemblong ketan putih dan ketan hitam. Gemblong ketan putih dilapisi menggunakan cairan gula merah, sedangkan gemblong hitam diberi cairan gula pasir.
Bahannya adalah campuran tepung ketan, kelapa parut, garam, dan santan. Uleni semua bahan tersebut hingga kalis, lalu dibentuk jadi agak lonjong. Setelah itu digoreng hingga matang berawarna kecoklatan. Kue berasal dari Betawi, tapi di beberapa daerah Jawa pun menjajakannya dengan nama yang lain. Contohnya dengan nama getas dari Jawa Tengah dan Timur.

Artikel Lainnya:

You may also like...