RESEP SAYUR DAUN SINGKONG TANPA SANTAN

RESEP SAYUR DAUN SINGKONG TANPA SANTAN

Tidak semua orang menyukai masakan yang bersantan. Khususnya bagi yang sedang menjalankan program diet ataupun pantangan dari dokter. Nah, biasanya untuk menghindari pantangan tersebut kita dapat mengganti santan dengan kuah air atau bisa juga dengan dioseng atau ditumis. Seperti salah satu masakan yang akan kita bahas ini. Yaitu sayur daun singkong tanpa santan. Sejatinya, sayur daun singkong populer dan sering kita temui dengan olahan santannya. Oleh karena tidak semua orang menyukai bahkan diberi pantangan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung santan, jadi kali ini kita akan bahas sayur daun singkong tanpa santan yang sangat cocok untuk yang menyukai daun singkon namun tidak boleh mengonsumsi santan. Berikut ulasannya.

Bahan-bahan:

  1. 1 ikat daun singkong
  2. 400 ml air
  3. 1 buah tomat, iris tipis
  4. ½ sendok teh garam
  5. ½ sendok teh penyedap rasa ayam
  6. ½ sendok makan gula merah

Bumbu halus:

  1. 2 ruas kencur
  2. 6 butir bawang merah
  3. 5 butir kemiri
  4. 4 buah cabai merah besar
  5. 4 siung bawang putih

Cara membuat:

  1. Cuci daun singkong dengan air yang mengalir agar bersih dari berbagai kotoran yang menempel.
  2. Setelah bersih, rebus daun singkong sampai empuk. Setelah empuk kemudian angkat dan tiriskan sambil didinginkan beberapa menit.
  3. Setalah daun singkong dingin, potong kasar yaitu tidak terlalu halus namun juga tidak terlalu besar kemudian sisihkan.
  4. Siapkan penggorengan kemudian beri minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus yang sudah kita siapkan bersama dengan tomat. Masak sampai tercium bau yang harum.
  5. Tuangi air secara sedikit demi sedikit kemudian masukkan garam, gula dan bumbu yang lainnya. Aduk sampai merata.
  6. Masak sampai matang dan airnya menyusut.
  7. Setelah matang, angkat dan sayur daun singkong tanpa santan siap untuk kita sajikan.

Itulah salah satu resep membuat masakan daun singkong tanpa santan yang bisa kita coba dirumah dengan sangat mudah. Sajikan selagi masih hangat bersama dengan nasi hangat dan sambal juga kerupuk sebagai bahan pelengkapnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

You may also like...