Apakah Albothyl Sekarang Dilarang BPOM?

Apakah Albothyl Sekarang Dilarang BPOM

Albothyl merupakan salah satu obar untuk mengobati sariawan yang telah banyak dipercaya masyarakat Indonesia. Karena orang Indonesia merasa obat ini sangat ampuh untuk mengobati sariawan. Tapi, akhir-akhir ini ada kabar tentang larangan Albothyl oleh BPOM untuk penggunaan obat ini, lalu apa penyebabnya?

Apakah Albothyl Sekarang Dilarang BPOM?

BPOM telah mengeluarkan surat yang disampaikan pada PT Pharos Indonesia yang merupakan distributor dari obat Albothyl, karena obat ini dikabarkan mengandung poliscresulen yang merupakan bahan yang memiliki resiko yang lebih besar untuk kesehatan dibanding manfaat untuk mengobati sariawan. Karena kandungan poliscresulen ini dapat merusak jaringan yang ada pada tubuh dan bisa memperparah kondisi sariawan.

Berikut ini merupakan penjelasan resmi dari BPOM yang didapatkan dari pom.go.id.

PENJELASAN BOM RI TERKAIT KEAMANAN OBAT YANG MENGANDUNG POLICRESUKEN CAIRAN OBAT LUAR KONSENTRAT

Sehubungan dengan adanya informasi mengenai isu yang ada di masyarakan tentang keamanan Albothyl, BPOM RI telah menyampaikan hal-hak sebagai berikut :

Albothyl adalah salah satu obat bebas terbatas yang berbentuk cairan untuk obat luar yang mengandung policresulen konsentrat dan telah digunakan sebagai hemostatik dan juga antiseptik pada saat pembedahan, serta digunakan juga pada bagian kulit, telinga, hidung, dantenggorokan (THT), gigi, vaginal ginelogi dan sariawan.

BPOM RI telah rutin untuk melakakukan control obat yang beredar di Indonesia dengan adanya sitem farmakovigilans sehingga dapat memastikan apakah obat yang beredar telah memenuhi syarat dari keamanan, manfaat dan mutu dari obat yang dijual dipasaran.

Untuk yang berhubungan dengan Albothyl, sudah selama 2 tahun terakhir ini, BPOM RI telah menerima sebanyak 38 laporan dari para profesional kesehatan yang memiliki pasien dengan keluhan yang dikarenakan dari efek samping obat Albothyl untuk mengobati sariawan. Yang setelah penggunaan obat ini mengalami efek samping yang serius pada sariawan yang lebih membesar dan berlubang dan menyebabkan infeksi.

Sehingga BPOM RI bersama ahli farmakologi dari universitas dan klinisi dari asosiasi profesi sudah melakukan sebuah pengkajian aspek keamanan obat yang di dalamnya mengandung policresulen dalam bentuk sediaan cairan obat luar konsentrat telah diputuskan tidak lagi boleh digunakan sebagai obat hemostatik dan antiseptik.

Dan BPOM RI masih membekukan izin edar dari obat Albothyl yang berbentuk cair untuk obat luar konsentrat sampai adanya perbaikan yang diajukan dan disetujui oleh BPOM. Untuk produk selain Albothyl dengan kandungan sama juga dibekukan dan menarik obat dari peredaran.

Informasi tentang jawaban dari pertanyaan Apakah Albothyl Sekarang Dilarang BPOM? Telah kami kutip dari babyologist.com dengan artikel BPOM Melarang Penggunaan Albothyl. Silahkan baca pada situs tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...