Bolehkan Bayi Berusia 9 Bulan Mengkonsumsi Santan?

Bolehkan Bayi Berusia 9 Bulan Mengkonsumsi Santan

Mungkin saat ini moms sedang bertanya-tanya, bolehkan bayi verusia 9 bulan Mengkonsumsi santan? Seperti pada umumnya dan berdasarkan saran dari ahli medis dan dokter, bayi yang berusia kurang dari 6 bulan hanya boleh mengkonsumsi ASI, setelah usia bayi lebih dari 6 bulan biasanya akan diberikan makanan pendamping seperti bubur, jika bubur sudah bisa dimakan oleh bayi, maka lanjut bayi belajar makan nasi, tapi nasi disini tetap harus lembut, tapi tidak bertekstus seperti bubur.

Bolehkan Bayi Berusia 9 Bulan Mengkonsumsi Santan?

Tapi selama proses pembuatan MPASI, orang tua juga diharuskan sangat berhati-hati mengolah makanan untuk buah hati yang masih memiliki usia di bawah 1 tahun. Makanan yang moms buat dalam bumbu MPASI juga harus diperhatikan. Untuk tahap awal bayi MPASI yang terbaik moms tidak memberikan bumbu garam atau gula sama sekali, ataupun santan cair.

Ketika bayi sudah mulai berusia 6 sampai 8 bulan, moms masih belum boleh menambahkan santan pada makanan bayi. Walaupun adanya santan pada makanan dapat membuat makanan menjadi lebih enak dan merupakan penyedap alami. Tetapi bayi pada usia ini masih belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna, karena kandungan lemak pada santan tidak dapat dicerna dengan baik pada bayi di usia ini.

Manfaat Santan Untuk Bayi Berusia 9 Bulan

Berbeda halnya jika bayi Anda sudah berusia 9 bulan atau lebih, santan boleh dikonsumsi buah hati. Karena pada bulan ini santan memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan anak Anda, seperti :

Santan memiliki kandungan lemak yang bergizi

Pada santan memiliki kandungan lemak yang bergizi untuk anak, karena ini merupakan sumber kalori dan lemak akan dirubah menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Membantu metabolism tubuh

Selain itu memberikan santan pada bayi 9 bulan ke atas juga dapat membantu memperlancar proses metabolism/ Tapi tetap untuk memberikan dalam porsi yang wajar pada anak-anak dan tidak boleh berlebihan.

Membantu menyerap vitamin

Manfaat lainnya adalah dapat membantu anak melakukan penyerapan vitamin vitamin A,D,K, dan E dengan lebih optimal.

Membantu pembentukan organ pada bayi

Berkat kandungan lemak, santan dapat membantu pembentukan organ tubuh seperti pembentukan jaringan otot, ginjal, dan pembentukan plasma darah

Meningkatkan kecerdasan

Kandungan ada di dalam santan juga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

Itulah tadi jawaban dari pertanyaan Bolehkan Bayi Berusia 9 Bulan Mengkonsumsi Santan? Dan manfaat dari santan untuk bayi berusia 9 bulan ke atas.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...