Cara Mengatasi Puting Kering dan Lecet Saat Menyusui

Cara Mengatasi Puting Kering dan Lecet Saat Menyusui

Selama masa menyusui pastinya ibu akan mengalami masalah putting lecet. Penyebab dari masalah ini ada banyak, tapi yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah karena latch on yang tidak tepat. Hal ini bisa disebabkan karena bayi baru lahir belum bisa menyusui dengan benar, jadi posisi bayi saat menghisap air susu ibu hanya pada bagian putting saja, dan tidak memasukan areola payudara dengan penuh ke dalam mulut bayi. Sehingga hal ini membuat putting terjepit diantara lidah dan langi-langit mulut bayi dan akhirnya menyebabkan putting lecet, sakit, sampai berdarah.

Pada awal masa menyusui, pastinya banyak ibu akan mengalami masalah putting lecet bahkan sampai berdarah. Sehingga terkadang juga akan menimbulkan trauma saat akan menyusui bayi. Tapi moms jangan khawatir karena kejadian ini sangat wajar terjadi dan hampir dialami oleh semua ibu menyusui. Untuk sekarang ini ada beberapa cream yang dapat membantu mengatasi masalah puting kering dan lecet saat menyusi. Tapi sebelum menggunakan krim ini, langkah terbaik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Puting Kering dan Lecet Saat Menyusui

1. Momilen

Ini adalah salah satu cream yang dapat membantu mengatasi putting lecet dan kering saat menyusui, warna dari kemasan cream ini pink dan terdapat sebuah tulisan yang dapat melembabkan dan melindungi putting dengan kandungan D-panthenol dan vit.

2. Rash cream

Untuk kedua ada Rash cream yang juga dapat mengobati puting lecet karena proses menyusui, ini dapat dibeli melalui toko online.

3. GOM

Pilihan ketiga yang dapat digunakan adalah GOM yang merupakan obat utnuk sariawan dan bibir pecah-pecah dengan rasa yang manis. Ketika menggunakan obat ini luka pada putting bisa cepat kering.

4. Antibiotik

Pilihan lain yang dapat digunakan adalah Antibiotik yang diberikan dari resep dokter, ini biasanya merupakan antibiotik yang juga digunakan untuk pereda nyeri.

5. Lansinoh

Untuk pilihan yang terakhir adalah Lansinoh, ini merupakan pilihan yang paling ampuh untuk melembabkan dan melindungi puting yang kering dan lecet ataupun pecah-pecah. Lansinoh Cream memiliki kandungan HPA lanolin, jadi sangat aman jika tidak sengaja tertelan oleh bayi saat menyusui.

Itulah sedikit tips yang dapat kami berikan tentang Cara Mengatasi Puting Kering dan Lecet Saat Menyusui. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu moms mengatasi masalah saat menyusui.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...