Tahapan Perkembangan Tinggi Badan Anak

Tahapan Perkembangan Tinggi Badan Anak

Tinggi badan anak-anak tergantung pada lebih dari 20% faktor genetik dari orang tua, dan 80% sisanya akan dipengaruhi oleh banyak faktor lain seperti nutrisi, kebiasaan hidup, dan gaya hidup. Untuk membantu menambah tinggi badan anak-anak, orang tua harus pintar menyesuaikan pola makan, kebiasaan dan cara paling sederhana untuk membantu anak-anak mencapai tinggi badan yang ideal.

Tahapan perkembangan tinggi badan anak

Ada tiga tahap perkembangan dan pertumbuhan tinggi anak-anak, karena itu orang tua harus memperhatikan tahapan berikut ini :

Pertama, usia muda di dalam rahim:

Selama tahap kehamilan, ibu perlu menambah nutrisi untuk dirinya sendiri dan bayinya melalui nutrisi, tubuh ibu dapat menambah berat dari 10-20 kg, dan bayinya juga akan mencapai berat 2,2-4 kg, dengan tinggi badan 40-50 cm saat dilahirkan. Dan saat ini juga merupakan tahap yang sangat penting bagi perkembangan intelektual dan fisik dari tahun-tahun awal kehidupan bayi sampai dewasa, termasuk perkembangan tinggi badan anak-anak.

 

 

Kedua, periode bayi baru lahir sampai anak berusia 3 tahun:

Selama 12 bulan pertama setelah lahir, tinggi anak akan bertambah sekitar 20-25 cm, bahkan mungkin lebih dari itu. Dan dalam 2 tahun ke depan, anak setiap tahun akan bertambah tinggi sekitar 10 cm lebih tinggi jika anak dirawat, diasuh, dan memiliki pola makan yang baik.

Ketiga, ketika anak-anak memasuki masa pubertas:

Usia pubertas perempuan merupakan antara usia 9-16 dan laki-laki berusia 12-18 tahun. Selama masa pubertas ini, tinggi badan akan meningkat secara dramatis, anak-anak dapat menambah tinggi badan dari 8-12 cm per tahun jika mereka memiliki gaya hidup yang sehat dan tepat.

Setelah pubertas, hingga sebelum usia 25 tahun, tubuh muda masih akan dapat mengalami perubahan tinggi badan, tetapi pada kecepatan yang sangat lambat, atau kadang-kadang tidak berubah tinggi badannya. Karena itu, orang tua perlu memberi perhatian khusus pada pola makan, kebiasaan hidup, dan gaya hidup anak selama masa pubertas, agar dapat membantu anak-anak mencapai tinggi badan yang ideal.

Setelah mengetahui Tahapan Perkembangan Tinggi Badan Anak, orang tua harus mengetahui tips dan Cara menambah tinggi badan anak-anak yang ideal yang dapat dibaca di situs babyologist.com yang banyak berisi tips tentang perkembangan dan pertumbuhan anak agar lebih baik.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...