Ecommerce Development Jakarta: Platform Inovatif Untuk Bisnis

Ecommerce Development Jakarta

Bisa dikatakan bahwa saat ini ecommerce menjadi salah satu platform bisnis yang sangat terkenal. Seiring dengan perkembangan dunia digital, masyarakat cenderung menggunakan pasar online sebagai cara pemenuhan kebutuhan mereka. Selain itu, para pengusaha juga mulai menciptakan ecommerce mereka sendiri. Itulah kenapa banyak agen ecommerce development Jakarta yang bermunculan.

Kemunculan para developer ecommerce tersebut tidak dimungkiri sebagai salah satu efek meningkatnya persaingan bisnis online. Dengan pangsa pasar yang sangat luas dan cara promosi yang menarik, tentu setiap pebisnis ingin mendapatkan keuntungan yang lebih melalui ecommerce. Terlebih, ecommerce menawarkan kemudahan dalam hal transaksi.

Apa Itu Ecommerce?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jasa ecommerce Jakarta yang tentu saja siap membantu Anda yang ingin membuat platform ecommerce untuk bisnis Anda, memahami apa itu ecommerce merupakan hal awal yang harus Anda lakukan.

Ecommerce secara umum adalah singkatan dari electronic commerce atau jika diartikan menjadi kegiatan jual dan beli yang dilakukan pada platform elektronik yang terhubung dengan sambungan internet. Masyarakat cenderung lebih sering menyebutnya dengan istilah pasar online.

Layaknya sebuah pasar, memang ecommerce menyediakan beragam barang yang dijual. Ada katalog yang akan menyajikan informasi terkait barang yang akan dijual berikut informasi lengkapnya. Selain itu, ada juga beberapa fitur yang akan membuat transaksi bisa dilakukan melalui ecommerce layaknya sebuah transaksi secara konvensional.

Pasar digital ini dianggap sebagai salah satu media penawaran yang cukup efektif. Tidak perlu menyewa bangunan layaknya pasar untuk memulai sebuah bisnis sehingga modal yang diperlukan pun bisa dikatakan lebih hemat.

Sejarah dan Perkembangan Ecommerce

Mungkin, kemunculan agen ecommerce development Jakarta baru beberapa tahun belakangan ini. Namun, sebenarnya, ecommerce sudah muncul dari beberapa puluh tahun yang lalu. Dikutip dari beberapa sumber, kemunculan internet pada tahun 1969 yang lalu adalah dasar awal dari ecommerce. Sejak saat itu, banyak orang yang mendambakan adanya pasar yang akan menghubungkan banyak orang di wilayah yang berbeda dengan mudah.

Konsep ini dipikirkan dan dikembangkan dari waktu ke waktu. Hingga akhirnya, pada tahun 1994 ecommerce pertama muncul. Kemunculan ecommerce ini tentu masih sangat sederhana. Pada waktu itu, banner elektronik digunakan sebagai cara promosi ataupun iklan yang digunakan pada sebuah website.

Kemunculan banner elektronik tersebut membuat website mulai dikenal banyak oleh masyarakat. Banyak yang kemudian berpendapat bahwa ecommerce akan menjadi sektor ekonomi yang baru dan akan berkembang dengan sangat pesat seiring dengan berjalannya waktu.

Pada tahun 1998 hingga 2000, cukup banyak pebisnis Amerika Serikat dan Eropa mulai serius mengembangkan cara perdangangan ini. Sejak saat itulah ecommerce menjelma menjadi platform perdangangan yang luar biasa dan berkembang sangat pesat. Hari ini, rata-rata perusahaan besar memiliki website dan layanan ecommerce untuk memudahkan konsumen mereka melakukan transaksi.

Kelebihan Ecommerce Untuk Platform Bisnis

Hadirnya ecommerce memang memberikan warna yang baru dalam hal bisnis, terutama perdagangan. Pasar online ini menawarkan beberapa kelebihan yang tentu saja bisa menjadi alasan kenapa perlu mengembangkan ecommerce untuk menunjang bisnis. Hal ini pula yang mendasari munculnya banyak agen ecommerce development Jakarta saat ini.

Berbincang tentang kelebihan ecommerce, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi yang tentu bisa menjadi alasan kenapa ecommerce penting untuk usaha Anda. beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada batasan wilayah promosi

Pada perdangangan konvensional, promosi akan dibatasi oleh wilayah. Tentu, pembatasan ini akan membuat cakupan pangsa pasar menjadi terbatas. Akibatnya, potensi mendapatkan keuntungan juga akan cenderung lebih terbatas. Berbeda dengan cara perdagangan konvensional, ecommerce tidak memberikan batasan pada wilayah promosi.

Dengan basis online, setiap orang di wilayah yang berbeda memiliki kesempatan untuk mendapatkan informasi. Sebaliknya, Anda –sebagai pemilik bisnis, bisa melakukan promosi lintas wilayah tanpa adanya batasan. Oleh karenanya, potensi mendapatkan keuntungan dan pangsa pasar dengan ecommerce menjadi tidak terbatas.

  • Tidak ada batasan waktu kerja

Tidak hanya batasan wilayah yang hilang dalam konsep ecommerce, tidak ada pula batasan waktu kerja atau jam buka toko. Tentu, ini juga merupakan salah satu kelebihan dari ecommerce yang akan membantu Anda meningkatkan profit dengan lebih maksimal. Ya, ecommerce akan aktif setiap hari kecuali memang diatur untuk tidak aktif sementara waktu.

Tidak adanya batasan waktu buka ini tentu sangat menguntungkan karena transaksi bisa dilakukan kapan saja dan Anda tetap bisa mengurusnya seperti biasa. Sebagai tambahan, kelebihan dari ecommerce ini sangat berguna terutama untuk wilayah yang mengalami perbedaan waktu.

  • Hemat biaya operasional

Sebagaimana yang disinggung di awal bahwa ecommerce memberikan peluang untuk menghemat biaya operasional bagi pebisnis. Ya, pebisnis dalam hal ini tidak perlu menyediakan etalase, menyewa toko dan lainnya. Hanya dengan membuat website, mereka bahkan bisa menjalankan bisnis ini dari rumah. Dengan demikian, pengeluaran untuk operasional bisa ditekan sedemikan rupa.

  • Tampilan lebih menarik

Ecommerce juga menyediakan tampilan sebuah pasar yang lebih menarik. Dengan sistem online yang digunakan, Anda bisa membuat aneka tampilan produk dengan lebih istimewa dan detail. Tanpa harus bertanya, setiap konsumen yang ingin membeli produk yang dijajakan sudah bisa mengetahui detail produk tersebut dengan membaca keterangan yang ditambahkan.

Dalam hal ini, Anda tentu perlu memilih agen ecommerce developer Jakarta yang tepat untuk membangun website yang istimewa. Dengan keahlian developer tersebut, Anda bisa memiliki website yang selain ringan dari segi akses, juga memiliki desain yang menarik sehingga siapa saja yang berkunjung akan merasa betah.

Contoh Ecommerce di Indonesia

Saat ini, ada cukup banyak ecommerce di Indonesia yang menjadi trendsetter bagi pasar online. Tentu saja, beberapa contoh ecommerce tersebut hanya sebagian kecil dari fakta bahwa banyak perusahaan yang memiliki ecommerce tersendiri.

Adapun beberapa contoh ecommerce besar –yang sering disebut marketplace karena bersifat umum, di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • com

Bisa dikatakan bahwa Bukalapak.com adalah salah satu ecommerce terbesar di Indonesia. Ini juga merupakan ecommerce pertama yang hadir dan menjadi pilihan bagi masyarakat. Respons masyarakat sangat luar biasa sejak ecommerce ini diluncurkan sekitar 8 tahun yang lalu. Hingga saat ini, ada sekitar 190.000 seller yang telah bergabung.

  • com

Tokopedia.com menjelma menjadi kekuatan ecommerce yang baru saat ini. Mulai hadir di Indonesia pada 2009 yang lalu, Tokopedia.com kini memiliki banyak merchant, anggota dan lainnya. Selain itu, traffic transaksi di Tokopedia.com bisa dikatakan sangat luar biasa dengan total hingga 6 miliar dalam waktu satu tahun. Hal ini terjadi pada periode 2009 hingga 2010.

  • com

Meskipun Shopee.com termasuk ecommerce baru, namun perkembangannya tidak bisa diremehkan. Ecommerce satu ini kini menjelma menjadi salah satu yang terbesar dengan jumlah member yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Munculnya ecommerce memang menjadi ide pemasaran yang baru dan inovatif. Nah, jika Anda memiliki bisnis dan perusahaan, mencari agen ecommerce development Jakarta adalah solusi untuk meningkatkan profit Anda!

 

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...