Berat Badan Ideal Balita dan Tips Menjaganya

Memantau proses tumbuh kembang anak wajib dilakukan kalian para orang tua. Tumbuh kembang anak dapat dipantau dari perkembangan berat badan anak. Ketika dalam masa pertumbuhan, anak, khususnya balita, harus memenuhi berat badan ideal balita. Jadi, berat badan anak tidak lebih atau kurang sesuai umurnya. Lalu, berapa berat badan ideal balita?

Berat Badan Ideal Anak Usia 2 – 5 Tahun

Penting bagi orang tua untuk mengetahui berat badan yang ideal sesuai usia tumbuh kembang. Dengan begitu, orang tua akan tahu asupan gizi yang seharusnya diberikan. Jika anak terlalu kurus, orang tua dapat menentukan asupan gizi yang harus diberikan untuk menambah berat badan. Begitu juga sebaliknya, jika anak mengalami kelebihan berat badan, orang tua harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Berat Badan Ideal Balita dan Tips Menjaganya

Di sisi lain, berat badan yang ideal berbeda untuk setiap usia dan jenis kelaminnya. Itulah kenapa penting bagi orang tua untuk mengetahui berat badan yang ideal untuk tiap tahap kembang usia berdasar jenis kelamin. Di bawah ini adalah berat badan ideal untuk anak usia di bawah 5 tahun berdasarkan standar antropometri.

  • Usia 2 tahun

Laki-laki: 9.7 – 15.3 kg

Perempuan: 9 – 14.8 kg

  • Usia 3 tahun

Laki-laki: 11.3 – 18.3 kg

Perempuan: 10.8 – 18.2 kg

  • Usia 4 tahun

Laki-laki: 12.7 – 21.2 kg

Perempuan: 12.3 – 21.5 kg

  • Usia 5 tahun

Laki-laki: 13.7 – 24.2 kg

Perempuan: 13.7 – 24.9 kg

Pentingnya Mengetahui Berat Badan Ideal Balita

Salah satu isu yang masih dicarikan solusi adalah anak yang memiliki berat badan yang kurang. Jika anak kecil dalam usia tumbuh kembang mengalami ini, masalah berat badan yang tidak ideal dapat menyebabkan tubuh kerdil, obesitas, gizi kurang, dll. Itulah kenapa orang tua punya tanggung jawab untuk memantau proses tumbuh kembang balita dalam semua aspek termasuk berat badan.

Jika tumbuh kembang anak terpantau sejak dini, semua masalah yang ada kaitannya dengan tumbuh kembang anak pun dapat diketahui sedini mungkin. Saat ada beberapa hal yang berjalan tidak semestinya atau tidak sesuai harapan, orang tua dapat mengintervensi sedini mungkin sehingga bisa meminimalisir dampak berkepanjangan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Mengalami Underweight?

Kekurangan berat badan bisa menyebabkan berat badan tidak ideal dan ini penyebabnya bermacam-macam. Banyak balita mengalami hal ini. Tentu, ini menjadi perhatian para orang tua. Jika masalah ini terjadi, ada beberapa hal harus dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal balita.

  1. Fokus pada Kualitas Asupan Makanan

Menambah porsi atau kuantitas makan bukan Langkah yang tepat untuk menambah berat badan pada balita. Yang perlu dilakukan adalah memperbaiki asupan gizi. Sebaiknya, orang tua memberikan asupan makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap & seimbang agar berat badan balita naik. Kandungan gizi yang perlu dipenuhi termasuk lemak sehat, kalori, protein, dan karbohidrat.

  1. Sajikan Makanan dengan Porsi Tepat

Orang tua harus menyajikan makanan pada balita dengan porsi yang tepat. Menurut berbagai sumber terpercaya, porsi yang tepat untuk balita adalah 1 sendok makan setiap makanan berdasar usia. Sebagai contoh, orang tua seharusnya memberikan 2 sendok makan orang dewasa tiap makan untuk anak usia 2 tahun.

  1. Berikan Tambahan Vitamin Bila Perlu

Kadang, pemberian vitamin tambahan diperlukan untuk meningkatkan berat badan balita. Vitamin tambahan ini berperan meningkatkan nafsu makan balita sehingga berat badan dapat naik & mencapai berat badan ideal balita. Vitamin yang dapat diberikan meliputi vitamin A, D, C & juga zat besi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Mengalami Overweight?

Kelebihan berat badan juga merupakan gangguan tumbuh kembang anak dan bisa mengakibatkan berat badan anak tidak ideal. Kelebihan berat badan tak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak, termasuk balita. Jika anak mengalami overweight, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan orang tua:

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat & Bergizi Seimbang

Untuk mengatasi masalah berat badan berlebih pada balita, caranya adalah dengan memberikan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi karena lebih menyenangkan.

  1. Memberikan Cemilan Sehat

Balita pasti suka mengkonsumsi cemilan karena sangat menyenangkan. Namun, cemilan yang mengandung kalori tinggi harus dihindari. Balita yang memiliki permasalahan berat badan berlebih tetap boleh mengkonsumsi cemilan. Tapi, sebaiknya cemilan berupa buah-buahan ataupun olahannya.

  1. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Kondisi kelebihan berat badan dapat disebabkan karena asupan makanan yang dikonsumsi balita tidak sesuai dengan aktivitas fisiknya. Jika balita mengkonsumsi makanan tinggi kalori tapi tak dibarengi aktifitas fisik yang bisa membakar kalori, makan akan terjadi penumpukan lemak yang mengakibatkan obesitas. Itulah kenapa orang tua harus dapat merangsang anak supaya melakukan aktifitas fisik lebih banyak. Misalnya adalah bermain di luar ruangan.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal Balita

Saat anak sudah tumbuh & berkembang baik, punya berat badan yang ideal sesuai usianya, orang tua harus menjaga kondisi tersebut supaya jangan sampai mengalami overweight maupun underweight. Lalu, bagaimana cara menjaganya? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Pola Makan & Hidup Sehat

Saat berat badan anak, khususnya balita, telah ideal, pola makan tetap harus dijaga, baik dari segi asupan ataupun jumlah makanan yang diberikan ke anak. Sama halnya dengan pola makan, pola hidup pun juga demikian. Untuk pola hidup sehat, bisa dimulai dari hal yang paling sederhana seperti istirahat yang cukup hingga berolahraga sesuai usia.

  1. Menghindari Ngemil yang Terlalu Banyak atau Berlebihan

Balita sangat suka mengkonsumsi cemilan. Tapi, orang tua tak boleh membiarkan anaknya makan cemilan terus apalagi sampai terlalu banyak karena bisa mengakibatkan kelebihan berat badan. Oleh karena itu, supaya berat badan balita tetap ideal, terlalu banyak makan cemilan harus dihindari. Mulai sekarang, orang tua harus membiasakan pola makan yang tepat dan teratur untuk anak balita.

Itulah beberapa informasi penting yang berkaitan dengan permasalahan berat badan anak balita dan cara menjaganya agar berat badan balita tetap ideal. Orang tua harus paham betul mengenai hal ini. Di sini, kita fokus pada berat badan anak mulai usia 2 tahun hingga 5 tahun. Seperti kita semua tahu, usia 2 hingga 5 tahun adalah usia tumbuh kembang anak yang sangat pesat. Namun, kadang ada kondisi yang tidak diinginkan terjadi pada anak.

Kekurangan berat badan (underweight) dan kelebihan berat badan (overweight) adalah masalah paling sering terjadi. Untuk menghindari dampak lebih serius di kemudian hari, orang tua harus sejak dini memperhatikan beberapa hal yang erat kaitannya dengan berat badan ideal balita. Jika balita memiliki berat badan yang ideal, tumbuh kembang dan Kesehatan anak pun akan lebih baik.

 

 

 

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...