Cara Membersihkan Lidah Bayi Umur 1 Bulan dan Tips Mencegahnya

Sejak hari pertama lahir, senyuman si kecil adalah yang selalu kita nanti-nantikan. Di sini, peranan orang tua sangat penting agar senyuman si kecil tetap cantik. Itulah kenapa kita sebagai orang tua wajib merawat area mulutnya, termasuk lidah. Apalagi saat usianya masih 1 bulanan, area mulut bayi sangat sensitif. Untuk itu, kita akan membahas cara membersihkan lidah bayi umur 1 bulan dengan aman.

Berat Badan Ideal Balita dan Tips Menjaganya

 

Membersihkan Lidah dan Mulut Bayi 0 – 6 Bulan

Di usia ini, umumnya bayi belum punya gigi. Tapi, bukan berarti mulut dan lidahnya tak perlu dibersihkan. Perlu diketahui, bayi punya celah-celah dalam mulutnya selama gigi belum tumbuh. Itulah kenapa bayi di usia ini harus dibersihkan area mulutnya menggunakan kain kasa yang steril atau bisa juga menggunakan Dr. Brown’s Tooth & Gum Wipes.

Bukan hanya membersihkan mulut & gusi bayi, tisu basah ini juga bekerja membunuh bakteri yang bisa merusak gigi. Untuk menggunakannya, caranya sangat gampang. Cukup gunakan tisu basah ini untuk melapisi jari kalian dan kemudian gosokkan pada gusi dan area sekitar mulut dengan lembut. Bila perlu, berikan pijatan ringan untuk memberi rasa rileks pada gusi bayi yang nyeri akibat menunggu pertumbuhan gigi.

Membersihkan Lidah & Mulut Bayi 6 – 12 Bulan

Di usia ini, gigi si kecil sudah mulai tumbuh. Jadi, orang tua harus mulai menyikat gigi si kecil dengan lemah lembut. Ini adalah cara membersihkan lidah bayi umur 1 bulan dengan tepat. Menyikat gigi pada bayi sangatlah mudah. Cukup dengan memasangkan Finger Toothbrush ke jari telunjuk dan mulailah menyikat gigi atau gusi si kecil dengan pelan-pelan.

Membersihkan Lidah & Mulut Bayi 12 Bulan ke Atas

Ketika si kecil sudah menginjak usia 12 bulan ke atas, kalian sudah bisa melihat beberapa gigi kecil tumbuh. Jadi, biasakanlah menyikat gigi si kecil dengan rutin. Perlu diketahui, usia 1 tahun adalah masa di mana sikecil akan mulai suka meniru kebiasaan kalian. Jadi, gunakanlah kesempatan ini untuk memberikan contoh yang baik, termasuk menyikat gigi saat mandi. Sikat gigi bayi hadir dalam berbagai macam model. Kalian bisa membiarkan si kecil memilih model sikat gigi yang disukainya. Namun, pastikan gagangnya terbuat dari silikon dan sikat giginya lembut.

Kapan Mulai Membersihkan Lidah Bayi?

Setelah bayi berusia 6 bulan ke atas & mulai tumbuh gigi, kalian para ibu bisa menggunakan sikat gigi yang ramah anak & lembut, Bersama dengan pasta gigi. Sikat gigi ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam mulut termasuk gigi yang masih kecil-kecil. Untuk bayi yang berusia 6 bulan ke atas, inilah cara terbaik membersihkan lidah bayi.

Berapa Kali Harus Membersihkan Lidah Bayi?

Membersihkan lidah sangat penting untuk mengendalikan bakteri & jamur yang terdapat di rongga mulut. Membersihkan lidah perlu dilakukan sejak dini, sejak masih mengkonsumsi ASI. Agar bersihnya maksimal, rongga mulut sebaiknya dibersihkan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Kenapa Lidah Bayi Putih padahal Minum ASI?

Lidah putih bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi. Lidah putih yang terjadi pada si kecil adalah dampak dari pertumbuhan jamur yang meningkat atau dalam ilmu medis disebut Candida Albicans. Pada dasarnya, jamur ini memang hidup di rongga mulut & tidak berbahaya.

Perlukah Menyikat Lidah Bayi?

Cara membersihkan lidah bayi adalah dengan menyikatnya. Meskipun belum punya gigi & masih minum ASI eksklusif, kebersihan mulut bayi harus tetap dijaga. Itulah kenapa sangat penting untuk membersihkan lidah bayi secara rutin. Sebaiknya, menyikat lidah si kecil dilakukan setelah ia minum susu, baik lewat botol ataupun menyusu ASI langsung.

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

Lidah bayi yang terlihat putih biasanya merupakan hasil residu susu. Untuk membersihkannya, caranya sangat mudah. Pertama, yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan kain dan mencelupkan tepi kain tersebut ke mangkuk yang berisi air hangat. Setelah itu, buka mulut si kecil lalu usapkan kain tersebut ke lidah si kecil dengan Gerakan melingkar secara lemah lembut. Pastikan kain yang digunakan bersih dan bertekstur lembut.

Apakah Ada Obat untuk Membersihkan Lidah Putih pada Bayi?

Lidah bayi yang terlihat putih diakibatkan oleh jamur akibat residu susu. Selain cara di atas, ada juga obat yang bisa membantu mengatasi masalah ini. Obat untuk membersihkan lidah bayi putih umumnya tersedia dalam bentuk gel. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan gel tersebut ke lidah si kecil menggunakan jari.

Membersihkan Lidah Bayi dengan Madu

Lidah putih pada bayi juga bisa diatasi dengan menggunakan madu. Seperti yang kita semua tahu, madu bisa berfungsi sebagai antibiotik, termasuk untuk memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh seperti mulut dan lidah. Masyarakat Indonesia kerap kali menggunakannya untuk membersihkan lidah putih pada bayi yang masih berumur di bawah 1 tahun.

Lidah Berwarna Putih Tanda Penyakit Apa?

Umumnya, lidah berwarna merah muda & ditutupi oleh bintik kecil atau nodul atau papilla. Hal ini juga berlaku untuk bayi. Dalam beberapa kondisi, papilla dapat mengalami pembengkakan yang menyebabkan permukaan lidah menjadi berwarna putih. Umumnya, hal ini terjadi karena mulut kering atau tubuh kekurangan cairan. Jadi, ini bukan termasuk penyakit yang perlu dikhawatirkan. Namun, kalian para orang tua tetap harus mengatasinya segera jika kondisi ini terjadi pada si kecil.

Apa Akibatnya Jika Lidah Bayi Tidak Dibersihkan?

Lidah bayi yang tampak putih biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur ini juga dapat menyebabkan infeksi. Namun, Ketika lidah bayi terdapat jamur, maka rasa nyeri biasanya akan muncul. Jika ini terjadi, bayi akan menangis karena rasa nyerinya.

Ternyata, efek lidah bayi yang terinfeksi jamur dapat menular ke payudara ibu. Jika ini terjadi, payudara yang terinfeksi jamur akan terasa nyeri saat menyusui dan ada sisik di area sekitar puting payudara. Tentu saja, kalian para orang tua tak ingin ini semua terjadi.

Mencegah Lidah Terinfeksi Jamur pada Bayi

Infeksi jamur pada lidah disebut juga dengan istilah oral thrush. Ada beberapa untuk mencegahnya seperti dengan cara menjaga kebersihan payudara & puting supaya tidak terinfeksi jamur, menjaga kebersihan tangan terlebih sesudah mengganti popok si kecil, mensterilkan perlengkapan makan & minum untuk si kecil, mensterilkan teether dengan rutin, memperbanyak konsumsi buah-buahan & sayur-sayuran yang mengandung vitamin & asam folat, membersihkan mulut bayi 2 kali sehari, dan makan dengan tenang supaya lidah & bibir tidak tergigit.

Meski sudah tahu cara membersihkan lidah bayi umur 1 bulan, orang tua tetap harus bisa mencegahnya karena lidah tampak putih akibat jamur bisa terjadi kapan saja.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...