Tips Membersihkan Kaca Jendela di Rumah

Udara yang lembab membuat kaca jendela mudah kotor karena debu banyak menempel di kaca. Kaca jendela pun tampak kusam atau buram. Untuk membuat kaca jendela bersih lagi, kamu harus tahu tips membersihkan kaca jendela dengan benar. Yang terpenting, gunakan alat-alat yang tepat untuk membersihkan kaca jendela rumahmu.

tips membersihkan kaca jendela

Alat-alat Pembersih Kaca Jendela

Dengan peralatan & metode yang tepat, membersihkan kaca jendela jadi lebih mudah & efektif. produk pembersih kaca semprot yang berkualitas akan sangat membantu. Hati-hati saat memanjat sesuatu untuk menjangkau kaca yang tinggi. Berikut alat-alat yang bisa kamu gunakan:

  1. Kain lap yang bersih
  2. Spons cuci piring. Nantinya akan dipakai untuk menggosok noda yang membandel.
  3. Detergen atau cairan pembersih kaca yang sesuai & tidak meninggalkan residu pada kaca jendela.
  4. Pembersih jendela yang menggunakan pisau karet.
  5. Ember yang berisi air bersih.

Langkah-langkah Membersihkan Kaca Jendela Rumah

  1. Pertama, mulailah membersihkan dari sisi kaca jendela di dalam rumah. Karena sisi luar kaca umumnya lebih kotor, sebaiknya ditangani nanti.
  2. Jangan lupa untuk meletakkan lap di bawah jendela. Tujuannya adalah untuk menangkap tetesan air dari sisa-sisa membersihkan kaca jendela supaya tak mengotori lantai.
  3. Baca dulu aturan pakai di kemasan produk pembersih yang kamu pakai. Kalau menggunakan detergen, pastikan detergen-nya sesuai untuk kaca jendela rumah.
  4. Kalau menggunakan spray atau semprotan, tuangkan dulu cairan tersebut ke ember yang berisi air dengan takaran yang pas, sesuai petunjuk. Lalu, aduk sampai berbuih.
  5. Setelah itu, celupkan spons ke larutan, kemudian peras. Sekarang, kamu bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan kaca.
  6. Kalau bahan pembersih kaca seperti spray, langsung saja semprotkan ke kaca, kemudian usap menggunakan spons. Hati-hati saat menyemprotkan agar tak mengenai mata. Sebaiknya jaga jarak semprot sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan produk.
  7. Bersihkan seluruh permukaan kaca jendela rumah, termasuk bagian pojok-pojoknya.
  8. Untuk menurunkan cairan berlebih pada kaca, pakailah alat pembersih kaca jendela yang menggunakan pisau karet. Usahakan Gerakan searah terus agar semuanya bersih.
  9. Untuk menyingkirkan sisa cairan & buih dari kaca, pakai kain lap yang bersih.
  10. Jika kaca jendela di dalam rumah sudah bersih semua, kamu bisa lanjutkan ke kaca luar dengan Langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Panduan Keselamatan Saat Membersihkan Jendela Rumah

  • Jika rumahmu bertingkat, sebaiknya pakai jasa pembersih kaca yang professional untuk membersihkan seluruh kaca jendela, khususnya bagian luar lantai atas.
  • Jika kamu memanjat sesuatu untuk membersihkan kaca yang lebih tinggi, kamu harus berhati-hati agar tak kehilangan keseimbangan. Sebaiknya kamu minta bantuan orang lain untuk memegangi kursi atau tangga yang kamu panjat. Penting untuk diingat, pastikan anak kecil tidak melihat agar tidak ditiru.
  • Dalam membersihkan kaca jendela, pilih waktu saat matahari tidak terlalu terik. Pasalnya, sinar matahari langsung pada kaca bisa menyilaukan pandangan. Selain itu, cairan pembersih yang terlalu cepat kering juga akan meninggalkan noda di kaca.
  • Jangan lupa selalu baca aturan pakai di kemasan produk pembersih kaca terlebih dahulu.
  • Pastikan semprotan pembersih kaca tidak mengenai mata.
  • Untuk mengerik noda yang menempel di kaca, hindari pemakaian benda tajam, meskipun itu noda membandel.

Itulah tips membersihkan kaca jendela yang benar dan aman. Dengan cara yang tepat, kaca jendela rumah kembali bersih tanpa meninggalkan noda ataupun goresan.

Artikel Lainnya:

    None Found

You may also like...